SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI, APABILA ADA PERTANYAAN SEPUTAR WEBSITE INI SILAHKAN TULIS DI KOLOM KOMENTAR,TERIMA KASIH

ANTENA PARABOLA

Minggu, 24 Mei 2015

LAMPU MALAM OTOMATIS


 LAMPU MALAM OTOMATIS


Saklar ini dapat digunakan untuk menyalakan ataupun mematikan lampu taman dan lampu jalan secara otomatis. Sehingga pada waktu hari sudah gelap (malam/mendung) lampu secara otomatis menyala, dan begitu sebaliknya pada waktu siang hari atau terang, lampu akan secara otomatis mati sendiri. Sehingga dapat menghemat pemakaian listrik anda tiap bulannya. 


Anda dapat membeli di toko listrik dengan harga cukup murah.. Kemapuan untuk alat ini bervariasi ada yang hanya mampu untuk 40 watt, ada yang mampu untuk 100 watt bahkan ada yang mampu sampai ribuan watt, tergantung yang dibutuhkan oleh anda. 






Lampu jalan otomatis
Penulis beserta teman-teman melakukan proyek untuk membuat lampu otomatis. Lampu otomatis ini menggunakan LDR sebagai sensor yang peka terhadap perubahan intensitas cahaya. Ketika malam (intensitas cahaya tidak ada/kecil) maka lampu akan otomatis menyala. Sebaliknya, jika siang hari maka lampu akan otomatis padam .
Pertama-tama yang dilakukan yaitu mempersiapkan rancangan rangkaian yang akan digunakan sebagai lampu otomatis. Berhubung dahulu penulis ada praktikum sistem sensor dan kebetulan tugas akhirnya lampu otomatis, maka rancangan rangkaian lampu otomatis sudah siap tersedia. Hanya perlu untuk memproduksi masal saja .
Kedua yaitu mempersiapkan komponen-komponen yang digunakan pada rangkaian lampu otomatis seperti LDR, relay 9 volt, resistor 1 k dan 47 k, transistor BC 547, catu daya 9 volt, lampu, kabel dan lain-lain. Di bawah ini adalah rangkaian lampu otomatis yang rencananya akan dirakit dan rangkaian ini didapat dari situs ini .

Setelah komponen siap lalu melakukan proses ecthing pada papan pcb dengan terlebih dahulu memprint/mencetak rangkaian dan menempelkannya pada papan pcb dengan disetrika. Setelah selesai proses ecthing, lalu dilanjutkan dengan mengebor papan pcb. Apabila sudah selesai lalu memasangkan komponen-komponen pada papan pcb dan menghubungkannya. Rangkaian lampu otomatis siap untuk diaplikasikan untuk penerangan jalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar