SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI, APABILA ADA PERTANYAAN SEPUTAR WEBSITE INI SILAHKAN TULIS DI KOLOM KOMENTAR,TERIMA KASIH

ANTENA PARABOLA

Senin, 04 April 2016

PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN

PROPOSAL
WIRAUSAHA BERJUALAN BARANG ELEKTRONIK
Untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan


Dosen : Drs. Mulyoto Marwan




Oleh :
YAYA MUHIDIN
NIM : 3213089





SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) BANDUNG
Jl. Phh. Mustofa No.33 Bandung – Jawa Barat
Http://www.stmik-bandung.ac.id




KATA PENGANTAR

Fuji dan syukur penulis  panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia –Nya penulis dapat menyusun Proposal ini sampai selesai.
Sholawat dan salam semoga terlimpah curahkan pada baginda Nabi Besar Muhamad SAW. Serta kepada keluarganya, para sahabatnya dan kaum muslimin muslimat pada umumnya. Amin.
Proposal ini penulis ajukan untuk memenuhi mata kuliah Kewirausahaan, tetapi penulis menyadari bahwa dalam penyusunan proposal ini banyak kekurangan – kekurangan, karena terbatasnya kemampuan dan pengetahuan yang penulis miliki.
 Pada kesempatan ini dengan kerendahan hati dan keikhlasan penulis mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak atas bantuan dan dorongannya, serta kritik dan saran penulis harapkan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan penulis. 
 Semoga Alloh SWT memberikan balasan atas segalanya dan memberikan manfaat bagi semua pihak.





i 



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..............................................................................i
DAFTAR ISI...........................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN........................................................................1
1.1  Latar belakang.........................................................................1
1.2  Maksud dan tujuan..................................................................2
BAB II. PEMBAHASAN ........................................................................3
2.1 Nama dan alamt Perusahaan...................................................3
2.2 Modal dan Laba......................................................................3
2.3 Sistem pelayanan dan promosi..............................................4
BAB III PEMASARAN..........................................................................6
3.1. Hasil analisis Pasar................................................................6
3.2 Masalah yang Potensial dalam Usaha....................................6
3.3 Resiko Yang Timbul dari Intern.............................................7
3.4 Resiko Yang Timbul dari Ekstern..........................................7
3.5 Tindakan Alternatif................................................................7
3.6 Pengembangan Usaha............................................................8
BAB IV PENUTUP.................................................................................9

  
ii 




BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Perkembangan bisnis elektronik saat ini setiap tahunnya mengalami perkembangan yang signifikan. berbagai macam produk-produk elektronik seperti televisi, DVD player, kipas angin, magic jar,  kulkas, blender, dll sekarang barang-barang ini sudah tidak menjadi barang mewah lagi di kalangan masyarakat. Bisnis elektronik seperti ini juga memiliki prospek yang kedepannya dapat memberikan nilai positif bagi seorang wirausahawan. Saya sebagai penulis adalah salah satu yang menekuni bisnis elektronik ini. Bermodal dari orang tua, saya dirikan bisnis ini karena hal sebagai berikut:
1.      Barang Elektronik sekarang bukan menjadi hal yang mewah, hampir setiap orang sudah menggunakan barang-barang elektronik.
2.      tidak ada masa pemakaiannya tidak seperti halnya makanan.
3.      Bisnis elektronik memiliki prospek bisnis yang menjanjikan karena tingginya minat dan daya beli masyarakat sekarang akan barang elektronik.
4.      Modal yang di butuhkan cukup besar namun bisa diatasi dengan model titip barang dari distributor.

1

1.2  Maksud dan Tujuan
Usaha ini bergerak dalam bidang penjualan dan jasa, usaha ini memiliki ciri khas usaha yang merupakan kepemilikan perseorangan, ini juga memberikan kualitas produk yang baik dan pelayanan yang sangat memuaskan. Dengan bertujuan untuk mengembangkan potensi yang ada di wilayah Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang, diharapkan mampu berkembang mengikuti perkembangan zaman.  Usaha ini didirikan pada tanggal 16 Maret 2004 dengan modal Rp. 25.000.000 (Dua puluh lima juta rupiah) dengan bertujuan untuk meraih keuntungan. Setelah melihat dan mengamati bahwa usaha ini banyak diminati oleh masyarakat, tidak ada  salahnya usaha ini berdiri untuk melayani seluruh lapisan masyarakat dengan kualitas pelayanan dan produksi yang lebih baik.


2

BAB II
                    PEMBAHASAN

Bisnis elektronik merupakan bisnis yang menjanjikan dan tidak ada matinya, banyaknya bisnis elektronik yang bermunculan saat ini dikarenakan kebutuhan masyarakat akan barang elektronik juga semakin meningkat. meningkatnya bisnis elektronik ini disebabkan karena barang-barang elektronik yang ada sekarang bukan menjadi barang mewah seperti dahulu. hal ini menjelaskan bahwa barang elektronik kini sudah dapat digunakan oleh semua kalangan masyarakat.

2.1 Nama  dan Alamat Perusahaan
     Nama toko  PRAJA ELEKTRONIK  yang bertempat di Jl. Raya Wado No. 10 Wado Sumedang, sedangkan produk yang di perdagangkan adalah Barang-barang elektronik dan sparepart, sampai saat ini yang lebih diutamakan adalah sparepart karena di daerah Wado sangat terbatas orang yang menyediakan sparepart Elektronik selain itu sparepart elektronik banyak digunakan oleh pemilik untuk mereparasi berbagai barang elektronik yang pemilik kerjakan sehari-hari.
3


2.2   Modal dan Laba
Usaha penjualan Barang Elektronik yang saat ini penulis kelola berkembang cukup pesat walaupun hanya dengan modal awal yang begitu minim yaitu Rp. 25.000.000 (Dua puluh lima juta rupiah) dengan rincian sebagai berikut:
    
  1)      Sewa Tempat Rp.2.500.000 (Dua juta lima ratus ribu rupiah)
  2)      Membeli perlengkapan seperti estalase, rak dll Rp. 2.500.000 (Dua juta lima ratus ribu rupiah)  
  3)      Belanjan barang Rp. 20.000.000 (Dua puluh juta rupiah).
Adapun sistem Manajemen dan laba yang dilakukan di Praja Elektronik adalah sebagai berikut :
Mengambil keuntungan 30% dari harga pembelian dan keuntungan tersebut di alokasikan untuk :
a.       30%  dari laba untuk penambahan modal
b.      10% dari laba untuk pembayaran listrik dan telepon
c.       20% dari laba untuk keperluan opersional seperti makan, gaji karyawan dll.
d.      10% dari laba untuk keperluan yang tidak terduga seperti penambahan perlengkapan da kebutuhan lain
e.       30% dari laba untuk pemilik.
Omzet penjualan sampai saat ini adalah berkisar antara Rp.1.000.000 (satu juta rupiah) sampai dengan Rp. 1.500.000 (satu juta lima ratus ribu rupiah) per hari.

2.3      Sistem Pelayanan dan promosi

4

    1.      Pembeli adalah raja.
Perlakukan pembeli adalah seorang raja, berikan pelayanan yang terbaik maka pembeli akan membeli barang  dan mungkin akan menjadi konsumen tetap.
   2.      Promosi dari mulut ke mulut
Bila pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, mereka akan menjadi media promosi bagi perusahaan. Mereka akan menyebarkan informasi yang baik tentang perusahaan.
   3.      Gunakan jurus 5S (Senyum, Sapa, Salam,Sopan dan Santun) kepada pembeli.
Dengan 5 S ini pembeli akan merasa nyaman dan suasana keakraban akan tercipta disini. Disini komunikasi juga berperan andil dalam menghadapi pembeli, tidak ada seorangpun yang sukses tanpa bisa berkomunikasi dengan baik.
   4.      Berani mengambil resiko.
Setiap kegiatan usaha pasti ada resikonya, jadikan resiko adalah sebuah tantangan yang harus di hadapi bukan untuk dihindari dan dari resiko tersebut  bisa jadikan sebagai media pembelajaran untuk kemajuan perusahaan.
   5.      Cari relasi sebanyak-banyaknya.
Relasi yang banyak dapat membantu dalam memasarkan produk
   6.      Berani bermimpi
   Bermimpi usaha akan sukses besar, pasti dari mimpi itu akan memunculkan semangat yang tinggi untuk mengelola perusahaan


5


BAB III
PEMASARAN

3.1    Hasil Analisis Pasar
1. Target Pasar atau Konsumen
Target pasar atau konsumen untuk usaha ini adalah lingkungan sekitar karena dijaman sekarang ini seluruh lapisan masyarakan sudah memiliki barang elektronik dan lokasi perusahaan  yang mudah dijangkau diharapkan mampu memberikan peluang bagi berkembangnya usaha ini.

2. Situasi Persaingan
Persaingan sejenis di daerah sekitar lumayan besar, karena dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat di bidang elektronik menjadi daya tarik tersendiri untuk orang-orang  mendirikan usaha ini.

3. Strategi Pasar
Kegiatan pemasaran usaha ini dilakukan dengan satu cara, yaitu secara langsung. Pemasaran secara langsung adalah melayani secara langsung kepada konsumen tanpa melalui perantara.
3.2    Masalah-Masalah yang Potensial Dalam Usaha
  1. Saingan usaha tidak sejenis
  2. Modal untuk mengelola usaha
  3. Kurangnya apresiasi dan pengetahuan berbisnis

6



3.3    Resiko yang Timbul dari Masalah Intern
  1. Kurangnya pengawasan karyawan karena sering ditinggal pemilik
  2. Kurangnya modal
  3. Kerusakan perlengkapan
  4. Kurangnya tenaga kerja

3.4     Resiko yang Timbul dari Masalah Ekstern
  1. Jumlah pelanggan
  2. Banyaknya pesaing
  3. Ekonomi pelanggan
  4. Kurangnya pengetahuan
  5. Kurangnya promosi

3.5    Tindakan Alternatif
a. Menyelesaikan Resiko Intern
    Memberikan sanksi kepada karyawan yang apabila melakukan kesalahan
    Mengefisiensikan stock barang sesuai modal yang ada
    Perawatan perlengkapan yang cukup


7

b.   Menyelesaikan Resiko Ekstern
·      Mengutamakan kualitas barang produksi
·      Mengutamakan pelayanan prima
·      Memaksimalkan upaya promosi

3.6   Pengembangan Usaha
   Untuk pengembangan usaha ini dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:
·         Menambah tenaga kerja
·         Meningkatkan kualitas produk
·         Meningkatkan pelayanan
·         Menigkatkan upaya promosi
Mempeluas wilayah pemasaran


8



BAB IV
PENUTUP


Demikianlah proposal bisnis ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal bisnis kami. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini.

Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha berjualan barang electronic ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.

Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.


9

2 komentar: