SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI, APABILA ADA PERTANYAAN SEPUTAR WEBSITE INI SILAHKAN TULIS DI KOLOM KOMENTAR,TERIMA KASIH

ANTENA PARABOLA

Jumat, 03 November 2017

CONTOH PROPOSAL SKRIPSI


PROPOSAL

PENGAJUAN JUDUL SKRIPSI

SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG BERBASIS WEB

Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat  penulisan Skripsi
















Oleh :
YAYA MUHIDIN
NIM 3213089








SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) BANDUNG
Jl. Cikutra No.113 Bandung – Jawa Barat
Http://www.stmik-bandung.ac.id












KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis  panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia –Nya penulis dapat menyusun Proposal ini sampai selesai.
Sholawat dan salam semoga terlimpah curahkan pada baginda Nabi Besar Muhamad SAW. Serta kepada keluarganya, para sahabatnya dan kaum muslimin muslimat pada umumnya. Amin.
Proposal ini penulis ajukan untuk memenuhi salah satu syarat penulisan skripsi yang akan penulis buat, tetapi penulis menyadari bahwa dalam penyusunan proposal ini banyak kekurangan – kekurangan, karena terbatasnya kemampuan dan pengetahuan yang penulis miliki.
 Pada kesempatan ini dengan kerendahan hati dan keikhlasan penulis mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak atas bantuan dan dorongannya, serta kritik dan saran penulis harapkan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan penulis. 
 Semoga Alloh SWT memberikan balasan atas segalanya dan memberikan manfaat bagi semua pihak.






DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR........................................................................................ i
DAFTAR ISI ....................................................................................................  ii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................. 1
1.1 Latar Belakang............................................................................................ 1
1.2 Identifikasi Masalah.................................................................................... 2
1.3 Batasan Masalah.......................................................................................... 3
1.4 Maksud dan Tujuan..................................................................................... 3
1.5 Metodologi Penelitian.................................................................................. 4
1.5.1 Studi Pustaka............................................................................................ 4
1.5.2 Studi Lapangan......................................................................................... 4
1.6 Tempat dan Waktu Penelitian...................................................................... 5
1.7 Sistematika Penulisan.................................................................................. 5















BAB I PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Kemajuan yang sangat pesat di bidang teknologi informasi memberikan pengaruh yang besar terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Pengaruh yang paling nyata terlihat pada perubahan mendasar terhadap cara orang melakukan transaksi, terutama dalam dunia bisnis. Salah satu hasil kemajuan teknologi informasi yang berkontribusi besar terhadap perubahan ini adalah internet. Dengan adanya internet, cara perusahaan melakukan transaksi berubah, dari cara lama yang prosesnya mengorbankan waktu dan biaya yang besar menjadi proses yang lebih cepat dan lebih mudah. Kelebihan yang ditawarkan internet membuat Praja Elektronik merasakan tuntutan untuk dapat menyediakan layanan secara online. Praja Elektronik  adalah sebuah toko yang menjual sebagian besar barang-barang elektronik dan sampai saat ini untuk bertransaksi masih menggunakan aplikasi penjualan berbasis desktop (offline), sehingga mempersulit untuk melakukan laporan kepada pemilik dan harus mengeluarkan biaya transportasi yang besar, selain itu aplikasi yang digunakan saat ini apabila komputer error dan membutuhkan instalasi ulang maka data barang yang sudah ada di aplikasi akan hilang dan harus diinput kembali dari awal.
Berdasarkan permasalahan yang ada di Praja Elektronik, dibutuhkan suatu solusi untuk memudahkan pertukaran informasi, dengan biaya yang tidak mahal, antara admin dengan pemilik dan toko cabang yang terletak diluar kota. Solusi tersebut dapat diwujudkan dengan memanfaatkan potensi teknologi informasi, yaitu melalui suatu aplikasi berbasis web.
Aplikasi ini dapat berfungsi sebagai media transaksi yang efektif dan efisien karena mudah diakses dan dioperasikan, dan implementasinya pun tidak mahal.
perlu kita sadari bahwa komputer sangatlah membantu mempermudah setiap kegiatan manusia, namun apabila tidak tepat dalam penggunaan komputer maka pengguna komputer akan tersesat bahkan akan terjerumus kepada hal-hal yang negatif.
Berdasarkan permasalahan yang terjadi, maka Penulis tertarik untuk merancang dan membuat sebuah Aplikasi Penjualan dengan judul “Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Web”
1.2  Identifikasi Masalah

Dari latar belakang diatas maka penulis mencoba merangcang sebuah aplikasi berbasis web untuk mempermudah transaksi dan laporan kepada pemilik, dengan aplikasi ini proses transaksi dan dan laporan kepada pemilik dapat dilakukan secara online, hal ini tentu mempermudah dan menghemat biaya.
Berdasarkan kondisi yang ada di Toko Praja Elektronik saat ini, Penulis mengidentifikasi masalah yang akan diteliti, yaitu sebagai berikut:
1.      Praja Elektronik ingin meningkatkan Aplikasi dari aplikasi berbasis desktop menjadi aplikasi berbasis web;
2.      Ingin meningkatkan sistem transaksi dan laporan kepada pemilik agar lebih mudah dan hemat biaya;
3.      melakukan efisiensi terhadap biaya operasional dengan menggunakan teknologi internet sebagai sarana pertukaran informasi dengan pemilik dan toko cabang yang terletak diluar kota.

1.3  Batasan Masalah
Masalah-masalah yang telah berhasil diidentifikasi selanjutnya akan dibatasi pada masalah-masalah pokok saja. Masalah yang menjadi fokus perhatian dalam lingkup penelitian Penulis adalah sebagai berikut.
1.      Aplikasi berbasis web yang dirancang memungkinkan penyajian informasi yang tepat dan akurat,
2.      Aplikasi ini dirancang agar mudah diakses dan digunakan oleh admin dan pemilik sehingga mempermudah untuk melakukan transaksi dan laporan kepada pemilik
3.      Informasi yang dihasilkan berupa laporan penjualan dan pembelian.

1.4  Maksud dan Tujuan
1.4.1        Maksud
Merancang  Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Web secara sistematis, Terstruktur, Terarah, dan Lengkap sehingga system informasi Penjualan yang dibuat benar-benar berguna dan mengefisiensikan Pekerjaan.

1.4.2    Tujuan
Adapun tujuan dari pengajuan proposal ini  adalah:
1.    Dengan Sistem Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi informasi untuk semua orang terutama untuk Pedagang dan Pembeli sehingga dapat membantu dan mempermudah transaksi.
2.    Untuk Memberikan informasi yang cepat dan akurat kepada orang yang membutuhkannya.
3.    Aplikasi ini didesain khusus agar mudah dioperasikan oleh siapapun  dan mudah dimengerti namun mampu memenuhi kebutuhan Transaksi penjualan dan pembelian.

1.5    Metodologi Penelitian
1.5.1  Studi Pustaka
Studi pustaka dilakukan dengan mencari sumber-sumber teori literatur dan Faktur Penjualan yang berhubungan dengan objek skripsi sebagai dasar dalam penelitian.
1.5.2  Studi Lapangan
Studi lapangan dilakukan dengan meneliti perusahaan/Toko/Mini Market secara langsung. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data-data serta proses yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Studi lapangan meliputi :
1.        Interview (wawancara) yaitu dengan cara mengadakan wawancara secara langsung dengan pihak yang terkait.
2.        Observasi (Pengamatan) Yaitu pengumpulan data secara langsung dilapangan sehingga memperoleh data yang akurat dan keterangan yang cukup jelas.

1.6    Tempat dan Waktu Penelitian
1.    Tempat penelitian dilakukan di Toko Praja Elektronik yang beralamat di Jalan Raya Wado No 10 KM 30 Wado Sumedang.
2.    Waktu pelaksanaan di mulai dari ...............................................................


1.7     Sistematika Penulisan
Penulisan Proposal Pengajuan Judul Skripsi ini dibagi atas VI (enam) bab dan masing-masing bab dibagi beberapa sub bab dengan maksud agar Proposal Pengajuan Judul Skripsi ini lebih terperinci dan akan mempermudah didalam pembahasan dan pemasangan masing-masing bab.
Adapun bab-bab tersebut adalah :
BAB I       : PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan secara garis besar mengenai pokok-pokok permasalahan yaitu hal-hal yang mencakup latar belakang, perumusan masalah, batasam masalah, maksud tujuan, metodologi penelitian dan organisasi penulisan Proposal Pengajuan Judul Skripsi.
 BAB II     : LANDASAN TEORI
Bab ini menguraikan secara garis besar mengenai pengertian komputer, pengolahan data, pengertian system informasi, dan sekilas tentang mengenai website
BAB III   : ANALISIS
bab ini berisi analisi pembangunan perangkat lunak sesuai dengan metodologi pengembangan yanga dipakai, dengan memakai notasi-notasi yang konsisten. Hasil akhir berupa diagram hasil analisis bergantung model yang digunakan
BAB IV    : PERANCANGAN APLIKASI
Bab ini menguraikan tentang gambaran system, perancangan struktur basis data, perancangan menu, algoritma program, serta perancangan output.
BAB V      : IMPLEMENTASI
Menjelaskan tentang implementasi yang meliputi pengertian implementasi, tujuan implementasi system, komponen utama dalam implementasi system serta pemeliharaan system.
BAB VI    : PENUTUP
Bab ini menguraikan tentang kesimpulan dari uraian bab sebelumnya, sehingga dari kesimpulan tersebut penulis mencoba memberi saran yang berguna untuk melengkapi dan menyempurnakan produktifitas kerja yang akan datang, juga dilengkapi dengan daftar pustaka dan beberapa lampiran dari pembahasan.

SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG BERBASIS WEB

Nama Toko                            : Praja Elektronik     
Alamat Toko                          : Jl. Raya Wado No 10 Wado Sumedang
Pengaju Judul Skripsi            : Yaya Muhidin (3213089)
Disetujui Bidang Akademik
Tanggal                                  :
Dosen Pembimbing               :

   Mengetahui.





.............................................

Dosen Pembimbing,





......................................














Tidak ada komentar:

Posting Komentar